Kendaraan

Tips Singkat Membeli Mobil bagi Pemula

Membeli mobil kurang lebih sedikit mirip dengan membeli barang elektronik seperti laptop atau telepon genggam. Selalu saja ada yang baru dan lebih menarik tiap bulan, bahkan mungkin saja tiap minggu. Beragam tipe dan merek, dengan berbagai macam keunggulan yang kurang lebih sama. Lalu bagaimana cara memilih mobil yang tepat?

1. Identifikasi kebutuhan kamu

Mobil seperti apakah yang kamu butuhkan? Mobil keluarga? Mobil untuk usaha? Atau bahkan mobil untuk gaya? Identifikasi kebutuhanmu dan apabila perlu, buatlah skala prioritas.

2. Riset

Lakukan riset kecil-kecilan. Hal ini sangat penting, mengingat banyak sekali tipe mobil yang ada di luar sana. Kamu bisa bertanya pada teman kamu yang mengerti otomotif sebagai permulaan, namun ingat, terkadang orang memiliki selera yang berbeda, sehingga hasilnya subjektif. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa melakukan riset dari internet atau majalah otomotif.

Cari tahu mengenai harga dasar sehingga kamu punya pegangan ketika melakukan tawar menawar. Perhatikan budget juga. Untuk mobil bekas, kamu harus memperhatikan secara lebih bagaimana pemilik lama merawat mobilnya, kesehatan mesin, dan sebagainya.

3. Pembiayaan

Ngga kalah penting untuk menimbang bagaimana kamu akan membeli mobil tersebut. Apakah dengan kredit atau dengan cash. Yang penting, kamu bisa melunasinya dengan baik dan tidak malah menjadi beban yang berlebihan. Rata-rata DP dipasang 20% untuk mobil keluarga. Semakin cepat kamu melunasi, semakin baik. Kalau bisa, jangan ambil cicilan lebih dari lima tahun, karena rata-rata umur mobil adalah lima tahun. Jangan lupa, kamu juga harus membayar pajak tahunan.

4. Bengkel atau perawatan

Urusan bengkel juga wajib kamu perhitungkan. Pilih merek mobil yang mudah untuk urusan perawatan dan yang ada di mana-mana, apalagi kalau mobil itu merupakan mobil sehari-harimu. Males ‘kan, misal kamu lagi liburan ke Anyer, mobil mogok tapi tidak ada bengkel APTM jadi kamu terpaksa harus ke bengkel ngga jelas di pinggiran jalan.

5. Harga jual kembali

Kalau kamu tipe efisien, jangan lupa pertimbangkan harga jual. Di Indonesia, masih banyak orang yang mau membeli mobil bekas. Juga selalu perhatikan perawatan mobil kamu sehingga harga jualnya nanti akan tetap tinggi.

6. Test drive

Percobaan mengendarai mobil sangat penting dilakukan, mengingat kita semua memiliki preferensi saat mengemudi, misalnya yang paling mudah saja, automatic atau manual. Posisi kemudi, rem, dan sebagainya, pilihlah yang terbaik bagimu karena hal ini juga menyangkut keamananmu dalam berkendara.

7. Asuransi

Pastikan mobil kamu terlindungi dengan asuransi kendaraan yang baik. Asuransi kendaraan sangat kamu butuhkan mengingat di Indonesia ini kecelakaan sering terjadi. Carilah asuransi mobil yang memiliki cakupan perlindungan luas dan komprehensif seperti di AXA. Tidak hanya mobilmu, kamu juga dilindungi. Klik di sini untuk beli online asuransi mobil dari AXA!

Nah, berikut merupakan tips yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam kamu membeli mobil, terutama mobil baru. Pastikan kenyamanan dan keamanan kamu selalu menjadi yang prioritas ya!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa