Kesehatan

Waktu Terbaik untuk Menikmati Buah

Makan buah tak sekadar membeli, lalu menikmatinya kapan saja Anda suka. Nutrisi pada buah malah bisa berefek negatif jika Anda tak tahu aturan makannya. Berikut beberapa aturan makan buah yang Anda harus tahu.
Pagi hari saat perut kosong
Buah memiliki nutrisi yang beragam. Untuk memproses buah, tubuh perlu hampir seluruh enzim yang ada di sistem pencernaan. Dan dalam kondisi perut kosong, seluruh nutrisi buah dapat terserap dengan sempurna.

Jadi hilangkan kebiasaan makan buah tepat setelah makan, karena manfaatnya tak akan maksimal. Jika Anda harus memakannya setelah makan, paling tidak beri jarak waktu 30 menit. Hal ini akan membuat makanan Anda tercerna lebih dahulu, sehingga tubuh dapat mencerna buah dengan lebih optimal.

Makan buah di sela-sela jadwal makan (sebagai kudapan) juga bisa jadi pilihan. Anda bisa mulai mengganti camilan Anda dengan buah.

Sebelum atau sesudah berolahraga
Kandungan gula alami pada buah akan membuat Anda lebih berenergi. Sehingga buah ideal dikonsumsi sebelum mulai berolahraga. Pun, buah ideal dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan gula tersebut akan mengembalikan energi Anda. Untuk keperluan olahraga ini, buah yang ideal dikonsumsi adalah yang mengandung banyak cairan dan berkadar gula tinggi, seperti mangga, nanas, pisang dan anggur.

Waktu terburuk makan buah

Sebelum tidur
Makan buah sebelum tidur akan membuat gula darah bertambah. Hal ini akan membuat Anda sulit tidur. Pastikan Anda memakan buah paling lambat tiga jam sebelum tidur.

Saat berdiet
Terkadang jika Anda merasa kesulitan menurunkan berat badan, Anda memilih makan buah untuk mengganti menu makanan. Tapi ini tidak terlalu tepat. Ketika Anda mengurangi asupan kalori, tubuh akan mengambil kandungan lemak dalam tubuh untuk memproduksi energi yang berkurang. Namun, jika Anda memakan buah, terutama yang memiliki kandungan gula tinggi, tubuh tak memerlukan kandungan lemak di tubuh. Alhasil diet pun menjadi gagal.

Kini Anda sudah tahu aturan yang tepat untuk memakan buah Semoga ini bisa membuat kualitas kesehatan Anda meningkat Dan jangan lupa untuk melindungi diri Anda dan keluarga dengan asuransi kesehatan!

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa