Kesehatan

Workout Ringan di Kantor? Mengapa Tidak!

Siapa bilang kantor bukan tempat untuk berolahraga? Memang betul, alat-alat yang tersedia di kantor kurang memadai untuk melakukan workout layaknya di gym. Jangan jadikan tempat sebagai penghalang; yang penting adalah seberapa besar niat Anda untuk melakukannya.

Membiasakan diri untuk aktif merupakan salah satu modal utama dalam menjaga kesehatan di mana saja dan kapan saja. Jadi, daripada hanya duduk dan memandang layar komputer, mari simak beberapa gerakan mudah dan ringan yang dapat Anda lakukan di lingkungan kantor.

1. Lari di tempat selama 60 detik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika duduk terlalu lama, Anda lebih mudah untuk terjangkit penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Saatnya berdiri dari kursi kantor dan memompa sirkulasi darah Anda. Dengan gerakan lari di tempat, seluruh tubuh akan terangsang untuk bekerja (bukan hanya jari jemari Anda di atas keyboard komputer) dan jantung Anda akan terpicu untuk lebih aktif memompa darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak. Anda akan kembali bekerja dengan segar.

2. Push-up dengan bantuan meja

Anda tentu sudah mengetahui cara melakukan push-up. Mungkin Anda juga merasa kesulitan untuk melakukannya. Tenang saja, gerakan yang ini tidak terlalu berat dan dapat dilakukan di kantor dengan bantuan salah satu peralatan penting, yaitu meja. Caranya; letakkan kedua tangan di sudut meja dengan kaki lurus ke belakang, ujung jari kaki menempel di lantai. Setelah itu, mulailah melakukan gerakan push-up seperti biasanya. Semudah itu saja!

3. Wall Sits
Satu lagi gerakan yang tidak membutuhkan peralatan apapun kecuali sebuah tembok. Gerakan ini membantu menguatkan otot paha dan perut. Anda tinggal mencari tembok sebagai tempat bersandar, lalu bayangkan Anda duduk di atas kursi dengan kedua tangan terbentang ke depan dan sejajar dengan paha Anda. Tahan posisi itu hingga minimal 30 detik, lalu secara perlahan kembali ke posisi berdiri. Sensasinya berbeda dengan duduk di kursi kantor selama berjam-jam, kan?

4. Peregangan
Bagian punggung terasa pegal saat bekerja? Mungkin salah satu penyebabnya adalah duduk terlalu lama di kursi. Duduklah secara tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak saling berkaitan dan jari-jari tangan menunjuk ke atas. Tahan posisi itu selama 10 detik. Kemudian miringkan tubuh Anda ke kiri dan kanan secara perlahan. Gerakan yang sangat mudah ini akan membantu meregangkan otot punggung. Anda bahkan tidak perlu repot-repot keluar dari kursi!

Sirkulasi darah kembali lancar, pikiran Anda pun kembali jernih dengan beberapa langkah mudah. Siap bekerja kembali? Eitss, tapi untuk menjaga kesehatan Anda tetap terlindungi, AXA Life Indonesia punya AXA Hospital Plus Life. Sebuah paket perlindungan kesehatan yang bisa kamu beli sacara online di AXA Direct.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa