Kesehatan Lifestyle Umum

Yoga, Tren “Bertamasya” Kaum Urban

Tingkat stres yang tinggi karena aktivitas harian bagi kaum urban, membuat kita harus pintar mengendalikannya. “Bertamasya” lewat kegiatan yang menyehatkan bisa jadi cara jitu yang dapat kita lakukan.

Salah satu cara menyehatkan tersebut adalah yoga. Mengapa? Selain menyehatkan fisik kita, yoga juga mampu menyehatkan psikis. Menurut bahasa Sansekerta, yoga berarti penyatuan antara tubuh, jiwa dan pikiran.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Duke University seperti dikutip oleh Kompas.com menyebutkan. Yoga dapat membantu meringankan beban mental, depresi dan masalah ingatan. “Kami menemukan bahwa dua komponen aerobik yoga dan meditasi akan meringankan gejala gangguan jiwa,” ungkap Murali Doraiswamy, MD, sebagai salah satu peneliti tersebut.

Bahkan, menurut Eva Selhub, MD, penulis Your Health Destiny: How to Unlock Your Natural Ability to Overcome Ilnesss. Gerakan dan napas dalam yoga dapat membangkitkan respon releksasi dan 20 menit dalam keadaan rileks hormon stres akan berkurang, susasana hati membaik dan rasa cemas berkurang.

“Ketika Anda beryoga setiap hari, efeknya terus terbawa. Semakin banyak kita beryoga, semakin tahan terhadap stres dan kita mampu menghadapinya,” sambungnya.

Women’s Health pun pernah mengutip pernyataan Neha Gothe, Ph.D dari Wayne State University beserta rekan-rekannya. Banyak organ tubuh akan terpengaruh di saat dan sesudah kita melakukan yoga, salah satunya adalah otak.

Berlatih yoga akan membuat kita bernapas teratur dalam-dalam lalu mengeluarkannya. Saat melakukan pernapasan tersebut bagian otak bernama korteks prefrontal atau bagian otak untuk berfikir lebih tinggi akan terpengaruh. Manfaatnya dapat membuat susana hati lebih tenang dan terlatih mengendalikan perasaan takut dan marah.

Yoga dan suasana
Berbeda dengan tren olahraga lainnya, untuk melakukan yoga ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Yoga juga bisa dilakukan saat perut kosong, jangan makan minimal 3 jam sebelum melakukan yoga dan justru baru boleh makan setengah jam setelah melakukan yoga.

Yoga yang baik dilakukan pada pagi hari saat matahari baru terbit (antara pukul 05.30 – 06.30 pagi) atau sore hari minimal 3 jam setelah makan siang. Yoga perlu dilakukan dengan perasaan bahagia, suasana tenang, tidak bising. Terakhir, selain dalam ruangan yoga sangat bisa dilakukan tempat terbuka seperti taman atau bahkan tepi pantai.

Jadi, jangan terus menerus tenggelam dalam kesibukan dan stres, ingat sehat juga lah. Ayo “bertamasya” dengan beryoga mulai sekarang.

AXA Inspirasi

ARTIKEL TERKAIT

Tertarik dengan artikel Inspirasi kami?

Ya, saya ingin dihubungi untuk artikel terbaru

axa