Risiko Penyakit yang Bisa Menyerang Kita di Tempat Kerja

19 September 2019 |

Salah satu elemen yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang adalah lingkungan kerja. Sekilas mungkin kita melihat bahwa kantor terlihat bersih dan rapi. Tapi, jika kita jeli sebenarnya ada risiko penyakit yang bisa menyerang kita. Apa saja penyakit tersebut?

  1. Rentan terkena stres

Sebagian besar pekerja sangat rentan terkena stres. Baik pria maupun wanita stres akan dialami oleh mereka yang memiliki tuntutan kerja yang banyak dengan tenggat waktu yang sangat singkat. Belum lagi kita harus tahan banting dengan omongan dari atasan, klien, bahkan rekan kerja sendiri. Stres akibat pekerjaan bisa menyebabkan depresi, sulit tidur, mudah lelah, dan tidak fokus pada pekerjaan. Pada akhirnya produktivitas kita dalam bekerja akan semakin berkurang.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kita mulai dengan gaya hidup yang sehat terlebih dahulu. Atur pola makan yang tepat disertai dengan olahraga yang cukup. Selain itu buat sistem kerja yang rapi dan terorganisasi, sehingga produktivitas pekerjaan kita tetap tinggi dan mampu memenuhi tenggat waktu yang ditentukan.

Sempatkan juga untuk bersantai dan menikmati hiburan: nonton atau jalan-jalan misalnya agar pikiran lebih rileks.

  1. Kegemukan

Terlalu lama di ruang dingin serta duduk selama berjam-jam, membuat tubuh cenderung mengalami kegemukan. Hal ini diperparah dengan kebiasaan kita yang suka ngemil saat jam kantor, kalori dari makanan yang kita makan tentu tidak bisa terbakar karena kita jarang bergerak.

Cobalah untuk selalu bergerak setiap beberapa jam sekali. Cukup dengan gerakan ringan saja agar kalori tubuh bisa terbakar. Usahakan juga untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak, kalori, dan gula. Kita bisa mengganti makanan tersebut dengan yang kaya protein, vitamin, dan mineral.

  1. Diabetes

Risiko terkena penyakit diabetes bisa dialami oleh mereka yang mengalami kegemukan. Diabetes bisa terjadi karena sel dalam tubuh tidak bisa merespon insulin dengan baik. Dampaknya diabetes bisa menyebabkan gangguan penyakit lain mulai dari ginjal hingga kebutaan.

Oleh karena itu cobalah untuk memiliki berat badan yang ideal (sesuai dengan Indeks Massa Tubuh). Berat badan ideal dapat diraih dengan cara olahraga yang teratur, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin, batasi porsi makan, mengurangi konsumsi gula, dan mulai mengganti nasi dengan makanan penghasil karbohidrat lainnya.

  1. Flu

Penyakit yang paling umum dan paling cepat menyebar adalah flu. Sering bukan kita temukan jika satu orang terkena flu maka rekan kantor yang lain dalam beberapa hari akan tertular juga. Sebenarnya flu bisa kita hindari jika tubuh memiliki imunitas yang baik. Salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga serta menjaga tubuh tetap bugar lewat asupan makanan bernutrisi.

Jika kita jarang melakukan aktivitas fisik dan hanya duduk di kantor saja, maka kebugaran tubuh akan berkurang sehingga rentan terkena flu. Ada baiknya juga menghindari kontak langsung dengan mereka yang sedang flu. Cobalah menggunakan masker ketika berada di luar ruangan agar terlindung dari penyebaran virus flu melalui udara.

  1. Pusing

Terlalu lama duduk dan menatap layar monitor akan membuat mata kita menjadi cepat lelah. Terlebih jika kita terlalu memaksa diri untuk terus bekerja tanpa istirahat dan minum. Dampaknya gula darah dalam tubuh akan berkurang dan kita terkena sakit kepala. Usahakan asupan nutrisi kita tetap cukup untuk kebutuhan satu hari. Jangan menunda sarapan dan tetap rutin minum air putih.

  1. Batuk

Tidak jauh berbeda dengan flu, batuk menjadi salah satu penyakit yang penyebaran cepat. Penularan batuk bisa melalui udara, terlebih jika kita satu ruangan dengan mereka yang terkena batuk. Usahakan kita tidak melakukan kontak langsung mereka yang terkena batuk. Sarankan dia untuk menggunakan masker agar penularan tidak terjadi.

Sebagai karyawan tentu tubuh yang sehat diperlukan agar bisa bekerja dengan baik. Namun kita tidak bisa memungkiri bahwa penyakit akan datang di waktu yang tidak terduga. Oleh karena itu selain mencegahnya dengan gaya hidup sehat, kita juga memerlukan perlindungan tambahan seperti asuransi.

Sudah banyak perusahaan asuransi yang membuat produk asuransi  karyawan. Manfaatnya tentu menjamin masa depan keuangan kita tetap stabil saat terjadi musibah yang mengharuskan kita melakukan pengobatan dengan biaya yang tidak sedikit.

Harga Unit

Kurs Rupiah

12 Nov 2019

Beli BI Tengah BI
USD 13,969.80 14,040.00
Total Klaim

Sep 2013

IDR 46,181,617,541.00
USD 269,797.00
Harga Unit Dijamin

6/09/2019

IDR 891.8485
Kinerja NAB yang dijamin tidak pernah turun, hanya bisa menaik atau tetap

BERKARIR BERSAMA AXA

Temukan informasi lengkap untuk bergabung dan memiliki kesempatan berkarir menjadi karyawan atau agen asuransi AXA di seluruh Indonesia.

Karir

DIREKTORI

Cari rumah sakit dan workshop rekanan asuransi AXA terdekat di kota Anda untuk memudahkan Anda mendapat dukungan

AXA INDONESIA

  • AXA Tower Ground Floor
    Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 Kuningan City
    Jakarta 12940, Indonesia

    Contact Centre :
    AXA Financial Indonesia : 1500 940
    Jam Operasional: Senin-Jumat pukul 08.00-20.00 & Sabtu pukul 08.00-12.00

    AXA General Insurance : 1500733
    Jam Operasional : Senin-Jumat pukul 07.00 – 19.00
  • Kantor Pusat: +62 21 3005 8000

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Indonesia

AXA Indonesia merupakan perusahaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Pilih bantuan yang Anda butuhkan

Kembali

AXA Customer Care

cust-care