Hampir di setiap kantor ada saja kolega yang sering bergosip. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi teman kerja yang suka g
Menghadapi teman kerja yang suka gosip tentu saja bukan hal yang mudah. Keberadaan mereka pun bisa memengaruhi produktivitas seseorang dalam bekerja, terlebih saat di kantor. Sementara gosip yang disebarkan bisa merebak dengan cepat dan mengganggu siapa saja.
Sayangnya, hampir di setiap kantor ada saja kolega yang sering melakukan hal tidak penting yang satu ini. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan demi menghadapi teman kerja seperti ini. Apa saja? Yuk, simak 4 tipsnya di bawah ini!
Hindari Pembicaraan yang Bersifat Pribadi
Sebelum kamu berhadapan dengan orang-orang yang senang bergunjing, ada baiknya jika kamu menghindari pembicaraan yang memang sifatnya pribadi. Pasalnya, membicarakan masalah pribadi yang kamu punya bisa jadi memicu omongan yang tidak-tidak dan bahkan ada yang dibumbui.
Bisa jadi suatu hari nanti orang-orang yang kamu percaya di kantor berusaha menyerangmu dan menyebarkan informasi yang pernah kamu ceritakan. Jika sudah begini, kamu pun bakal jadi bahan gosip.
Usahakan Tidak Menyebar Gosip
Sebaliknya, jika kamu menjadi tempat bercerita salah seorang rekan kerja, usahakan untuk tidak menyebarkan cerita-ceritanya. Tahan diri agar tidak memicu pembicaraan yang seharusnya tidak diketahui oleh orang lain. Hal ini akan membantumu terhindar dari kolega yang senang bergosip.
Menyebar cerita teman atau gosip memang bisa membuatmu populer. Namun di sisi lain, hal ini justru membuatmu tampak tidak profesional sebagai seorang karyawan.
Menjaga Perkataan dan Kontrol Diri
Tips berikutnya menghadapi teman kerja yang suka gosip adalah dengan menjaga perkataan dan mengontrol diri. Selalu introspeksi diri dengan menjaga perkataan dan sikap di mana pun dan kapan pun. Salah satu yang sering kali diabaikan yakni keberadaan media sosial.
Tidak sedikit orang yang senang membagikan unek-uneknya melalui media sosial. Padahal mereka tidak sadar bahwa media tersebut bisa diakses oleh siapa saja, termasuk teman kerja. Jadi, tetap selalu jaga perkataan sekalipun itu di media sosial.
Fokus Pada Pekerjaan dan Menciptakan Hubungan Baik
Terakhir, demi menghindari munculnya masalah dengan rekan-rekan kerja di kantor, ada baiknya kalau kamu hanya fokus pekerjaan yang dilakukan setiap hari. Adanya rasa penasaran terhadap suatu berita yang muncul sudah menjadi sifat dasar manusia. Selain itu, langkah terbaik yang bisa ditempuh untuk meredamnya adalah dengan memfokuskan diri pada pekerjaan.
Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menciptakan hubungan baik teman-teman yang ada di sekeliling. Banyak hal yang bisa dibicarakan selain masalah orang lain yang justru sering kali berakhir dengan gosip. Iya ‘kan?
Sementara jika kamu sudah terlibat dalam gosip dan rumor yang tidak penting, segera lakukan klarifikasi dengan menghadirkan fakta untuk menangkal pembicaraan tersebut. Temui penyebar gosip dan ajak dia bicara secara baik-baik.
Mereka yang menyebarkan gosip biasanya adalah orang yang suka mencari perhatian. Sampaikan padanya, bahwa kamu merasa tidak nyaman dengan hal tersebut. Memang sih, butuh keberanian untuk menghadapinya dan selalu berusaha berkepala dingin agar semuanya bisa diselesaikan dengan baik-baik dan tanpa emosi, ya.
Demikianlah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi teman kerja yang suka gosip. Yang jelas, untuk membuat produktivitasmu selalu terjaga ada baiknya jika kamu hanya fokus pada hal-hal penting saja.
Perencanaan dan pengorganisasian akan bisa sangat membantu kamu dalam menentukan tujuan dalam bekerja. Hal ini pun dapat diterapkan dalam jangka waktu yang pendek, misalnya per hari atau per minggu, sedangkan untuk jangka panjang kamu bisa membuatnya per bulan atau per enam bulan.